Selasa, 03 November 2009

Ibadah Dan Amal Sholeh

Beberapa waktu belakangan ini kondisi ummat Islam semakinterpecah karena dasar pemahaman yang salah dan akhrnya saling salah menyalahka n. Pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Ibadah. Ibadah yang dimaksud adalah yang memiliki rukun.
Bid'ah pengertian nya merubah (mengurang atau menambah) rukun ibadah serta membuat syareat baru dan dimasukkan dalam rangkaian ibadah yang sudah baku.
Kesalah pahaman terjadi jika memandang suatu kegiatan yang tidak dicontohka n menjadi syareat baru padahal pihak yang melakukan tidak berniat membuat syareat baru tetapi memodifika si kegiatan masyarakat agar lebih bermanfaat .
Contoh : Kebiasaan atau budaya orang2 Indonesia jika ada yang meninggal adalah berkumpul di rumah orang yang meninggal. Para penyebar agama Islam terdahulu mengisi acara kumpul2 tersebut dengan kegiatan yang lebih bermanfaat daripada hanya sekedar berkumpul dan berbincang yang tiada manfaat.
Kesalahan terjadi jika keadaan itu dianggap sebagai sebuah ibadah atau syareat baru karena tidak dicontohka n. Satu dan lain pihak saling tidak memahami sehingga sama2 bodoh. Pihak yang melaksanak an kegiatan itu merasa dirinya melakukan kegiatan yang benar tapi tidak mengetahui dasar berpijak sedang pihak yang lain hanya bisa menyalahka n tetapi tidak mengerti apa yang dituduhkan .
Bila membuat syareat baru dalam ibadah yang memiliki rukunmaka jatuhnya kepada bid'ah bukan mubah. Ingat jangan dilupakan kata ibadah yang memiliki rukun.
Pada dasarnya istilah bid'ah hasanah dan bid'ah dhalalah hanyalah sebuah pelarian kata untuk menghindar dari tekanan pertanyaan . Namanya bid'ah itu jelas konotasiny a adalah pekerjaan yang tidak ada tuntunanny a.
Permasalah annya adalah bagaimana kita menilai suatu kegiatan dari sisi ibadah atau bukan. Rancunya pengertian ibadah bila dikatakan bahwa semua tingkah laku yang bermanfaat adalah ibadah. Bekerja ibadah, senyum ibadah, dll, lalu dimana letak posisi amal shaleh? kalau semua dikategori kan ibadah? Akhirnya main sapurata saja bila tidak ada tuntunan maka tertolak dan dijatuhi vonis bid'ah.
Ibadat atau Ibadah adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Arab. Arti kata ini adalah:
1. perbuatan atau penyataan bakti terhadap Allah atau Tuhan yang didasari oleh peraturan agama.
2. segala usaha lahir dan batin yang sesuai perintah agama yang harus dituruti pemeluknya .
3. upacara yang berhubunga n dengan agama
Kalau kita kaji dari firman Allah QS 18:110. Katakanlah : Sesungguhn ya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhn ya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa." Barangsiap a mengharap perjumpaan dengan Tuhannya.. ., maka hendaklah ia mengerjaka n amal yang saleh dan janganlah ia memperseku tukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya."
Di ayat diatas ada 2 pengertian :
1. Fal ya'mal amalan shalehan (hendaklah ia mengerjaka n amalan shaleh)
2. Wala tusyrik biibadatih i ahada (dan jangan memperseku tukan di dalam beribadah dialah ahad)
Dari uraian diatas dapat disimpulka n bahwa yang berkaitan dengan ibadah berkaitan dengan proses penyembaha n/pengabdi an yang tidak boleh menduakan/ memperseku tukan karena Dia Ahad. Sedang amal shaleh adalah perbuatan2 yang baik menurut tuntunan Allah selain ibadah.
Jadi amalan shaleh itu terpisah dari ibadah karena ada kata dan diantara keduanya.
Demikian pengertian Ibadah dan amal shaleh yang dibenarkan , semoga pengertian ini memberikan kita pemahaman yang baik agar tidak saling menuding. Perkokoh ukhuwah, jangan mau terpecah dan dipecah oleh musuh2 Islam. Sesungguhn ya kerusakan dalam tubuh ummat Islam adalah merusaknya daridalam, sehingga berhati-ha tilah, pererat ukhuwah, mari bersatu dalam naungan Allah. Semoga ada manfaatnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar